Deskripsi Jaringan Perusahaan
Trafik yang Mengalir Pada Jaringan Perusahaan
Trafik
jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan
alamat jaringan, protokol dan port, Ingress interface, atau klasifikasi lainnya selama masih didukung oleh standard access list atau extended accses list.
Ø Standar ACL digunakan untuk memeriksa
alamat asal dari paket yang akan dirutekan.
Ø Extended ACL digunakan lebih spesifik
daripada standar ACL yang menyediakan lebih banyak parameter dan argumen.
LAN dan WAN Perusahaan
LAN (Lokal Area
Network)
Merupakan jaringan
yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di
dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukuran sampai
beberapa kilometer. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer atau
workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk pemakaian sumber
daya bersama serta sarana untuk saling bertukar informasi.
WAN (Wide Area Network)
WAN jangkauannya
mencakup
daerah geografis yang lebih luas. WAN
terdiri dari kumpulan LAN, MAN
dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai.
Terdapat perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN.
Perangkat
tersebut adalah :
• Router
Router
adalah peningkatan kemampuan bridge.Router mampu menunjukkan rute/jalur dan
mem-filter informasi pada jaringan yang berbeda.
• ATM Switch
menyediakan
transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN
• Modem (modulator/demodulator).
Modem
mengonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengonversi
sinyal digital dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk
dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon (public
telephone line). Di sisi penerima,modem mengonversi sinyal ke format digital
kembali.
Intranet dan Extranet
• Intranet adalah sebuah jaringan komputer
berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal
perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan
Intranet.
• Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem
telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi
secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner),
pelanggan dan lain-lain.
Aplikasi pada perusahaan
Cara yang tepat untuk membangun hubungan
dengan konsumen ialah dengan membangun Customer Relationship Management (CRM).
Tujuan utama dari CRM ini memang bukan
kepuasan konsumen, tapi lebih pada loyalitas konsumen. Konsumen tidak hanya
merasa puas sekali dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan suatu
perusahaan, namun akan terus menggunakannya.
Aplikasi pada jaringan perusahaan
Salah
satu contoh aplikasi pada perusahaan adalah SISTEM INFROMASI MANAJEMEN ONLINE
MANUFACTURE. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrogramman php dan
support menggunakan database apa saja seperti : mysql, sql server, postgresql
dan oracle. software ini ditujukan dan bisa digunakan untuk perusahaan dibidang
manufacture
kelebihan
software ini :
• simple - users friendly - powerfull - multi platform
• customize software (jadi sesuai dengan perusahaan anda)
• laporan menggunakan pdf
• online internet (akses dimana saja dan kapan saja)
• menggunakan perhitungan hpp (rata-rata)
• fasilitas searching lengkap
• fasilitas sorting asc dan desc lengkap
• adanya fasilitas export / import di setiap table
• multi database support
Prioritas Trafik Jaringan
Pada metode prioritas paket data yang melintasi gateway
diberikan prioritas berdasarkan port, alamat IP atau subnet.
Prioritas trafik jaringan ada 2, yaitu FIFO dan Prioritas Antrian
FIFO
Teknik antrian FIFO mengacu
pada FCFS (First Come First Server), paket data yang pertama datang akan
diperoses telebih dahulu. Paket data yang keluar terlebih dahulu di masukkan ke
dalam antrian FIFO kemudian dikeluarkan sesuai dengan urutan datangnya.
Prioritas Antrian
Pada
situasi tertentu kadangkala kita harus memutuskan suatu permasalahan dengan
memilih salah satu solusi yang perlu dilaksanakan terlebih dahulu dan hal ini
disebut prioritas.
Asas Teleworking dan VPN
Teleworking adalah suatu aktivitas
yang dilakukan oleh pegawai untuk melakukan pekerjaan dari suatu tempat di
luar lokasi unit kerja DJP dan tidak tersambung ke jaringan
internal (intranet) DJP dengan menggunakan teknologi komunikasi sehingga
mendapatkan tingkatan akses yang sama dengan pada saat bekerja di lokasi
kantor (melalui intranet).
Teleworking adalah suatu aktivitas
yang dilakukan oleh pegawai untuk melakukan pekerjaan dari suatu tempat di
luar lokasi unit kerja DJP dan tidak tersambung ke jaringan
internal (intranet) DJP dengan menggunakan teknologi komunikasi sehingga
mendapatkan tingkatan akses yang sama dengan pada saat bekerja di lokasi
kantor (melalui intranet).
Jaringan telekomunikasi
terdiri dari tiga bagian utama, yaitu :
1. Perangkat transmisi
Perangkat
transmisi bertugas menyampaikan informasi dari satu tempaat ketempat yang lain (baik
dekat, maupun jauh).
2. Perangkat penyambungan (switching)
Perangkat
penyambungan bertugas agar pemakai dapat menghubungi pemakai lain sesuai
seperti yang diinginkannya.
3. Terminal
Terminal
adalah peralatan yang bertugas merubah sinyal informasi asli (suara manusia
atau lainnya) menjadi sinyal elektrik atau elektromagetik atau cahaya.
VPN (Virtual
Private Network) yaitu sebuah koneksi private melalui jaringan publik
atau internet, virtual network berarti jaringan yang terjadi hanya
bersifat virtual.
Private yaitu jaringan yang terbentuk bersifat private
dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi
sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.
Fungsi
utama VPN:
• Confidentiality (Kerahasiaan)
• Data Integrity (Keutuhan Data)
• Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Sumber :
- http://www.slideshare.net/alimajidwd12/makalah-full-46475415?from_action=save

0 komentar: